Senin, 17 Oktober 2011

Contoh Proposal Skripsi

rekomend.
ini sekedar contoh, jadi harap gunakan dengan bijak dan penuh etika yg semestinya....

ROPOSAL SKRIPSI

JUDUL

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Meraih Gelar Sarjana Strata Satu (1)




 





Disusun Oleh :
NAMA
NIM : 2008........ 




Program Studi Manajemen
Fakultas bla...bla
Universitas Pamulang
2011

Surat Permohonan
Pengajuan Proposal Skripsi
UNIVERSITAS PAMULANG


Kepada Yth,
Bapak/Ibu Ka. Sub Bag Umum
Universitas Pamulang
Di Tempat


Assallamu’allaikum wr.wb


Dengan Hormat,

            Yang bertanda tangan dibawah ini,saya :

                        Nama              : 
                        Fakultas          : Ekonomi

                        Jurusan           : Manajemen SDM

                        NIM                 :
         Dengan ini menyampaikan Surat Permohonan Proposal Skripsi yang berjudul :

ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT. XL AXIATA JAKARTA 

            Diajukan untuk melengkapi tugas-tugas dan memenuhi syarat-syarat untuk mencapai gelar sarjana S1 di Universitas Pamulang. Atas perhatiaanya saya ucapkan terima kasih.

Wassallamu’allaikum wr.wb


Pamulang,  13 Agustus 2011
                                                                                     Pemohon

BAB I
PENDAHULUAN
  1. A.   Latar Belakang
Salah satu tujuan dari pembangunan bangsa Indonesia adalah menaikkan taraf hidup dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Dalam mewujudkan hal tersebut, upaya yang ditempuh oleh pemerintahan di antaranya adalah mendorong dan mendukung pertumbuhan berbagai industri, baik disektor pemerintahan maupun swasta.
Dengan semakin majunya aktifitas perekonomian dan teknologi secara terus menerus akan membawa akibat semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi perusahaan pada saat ini. Dalam hal ini, masalah kepemimpinan tidak bisa lepas dari pembicaaraan manajemen, sebab sukses tidaknya suatu tujuan yang dicapai oleh sebuah organisasi, tergantung dari kepemimpinan. Bagi dunia usaha, kepemimpinan diharapkan dapat memberikan keungulan-keunggulan bagi perusahaan agar tetap hidup dan berkembang.
Kepemimpinan yang sesuai dengan keadaan perusahaan dan keinginan karyawan akan mendorong prestasi kerja karyawan. Prestasi kerja karyawan dapat menunjang pencapaian sasaran dan tujuan perusahaan, karena prestasi kerja dapat mendorong karyawan untuk bekerja lebih giat dan lebih baik. Kesalahan dari kepemimpinan akan mengakibatkan kegagalan dalam mencapai sasaran dan tujuan yang hendak dicapai.
Dalam melaksanakan aktivitas kegiatannya para pemimpin mempunyai berbagai gaya tersendiri dalam proses mempengaruhi dan mengarahkan karyawannya, sehingga nantinya mau bersama-sama berusaha mencapai tujuan dari perusahaan melalui pelaksanaan pekerjaan yang telah ditentukan. Karena masalah-masalah yang dihadapi perusahaan bervariasi, maka para pemimpin dituntuk untuk mampu menerapkan gaya kepemimpinan yang bervariasi pula sesuai  dengan tujuan yang dihadapi. Oleh karena itu pemimpin akan berusaha seefektif mungkin di dalam kepemimpinannya sehingga dapat mencapai sasaran dari kelompok atau organisasi secara maksimal. Peran karyawan sebagai tenaga kerja langsung pada bagian proses produksi ini sangat besar, hal tersebut tidak lepas dari peran pemimpin sebagai atasan dalam perusahaan.
PT. XL Axiata Jakarta, sebagai salah satu operator seluler dengan jaringan terluas di Indonesia harus bisa mempertahankan keberadaannya sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Salah satu bagian perusahaan yang penting berada pada barisan paling depan yaitu pelayanan terhadap pelanggan.
Perusahaan ini bergerak di bidang telekomunikasi yang perkembangannya sejalan dengan kemajuan tekhnologi komunikasi dan tekhnologi informasi yang sangat pesat. Hal ini membuat peran telekomunikasi semakin penting. Bahkan kedua tekhnologi tersebut menjadi urat nadi dan tumpuan berbagai ragam aktivitas dunia. Konsumen yang puas bukan saja akan kembali membeli dan menggunakan jasa PT. XL Axiata Jakarta tapi juga akan menyebarkan kepuasannya dan merekomendasikan jasa PT. XL Axiata Jakarta kepada orang lain.Sebaliknya, Konsumen yang kecewa dan tidak puas justru akan menjadi provokator untuk tidak membeli dan menggunakan jasa layanan PT. XL Axiata Jakarta. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan frontliner untuk menjembatani antara perusahaan dan konsumennya.
PT. XL Axiata Jakarta dalam hal ini harus beorientasi bagaimana kepemimpinan yang baik agar mempengaruhi prestasi kerja karyawannya sehingga mendapatkan hasil yang sesuai visi dam misi perusahaan. Terutama bagaimana Duty Leader menerapkan kepemimpinan yang nantinya akan mempengaruhi prestasi kerja CRR (Customer Relation Repersentatif).
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka penulis tertarik untuk meneliti permasalahan mengenai “Analisis Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Prestasi Kerja di PT. XL Axiata Jakarta.” 

  1. B.   Identifikasi Masalah
Dalam mengidendifikasi masalah, penulis mencoba mengidentifikasi beberapa permasalahan sebagai berikut :
  1. Gaya kepemimpinan yang ada di PT. XL Axiata Jakarta belum efektif dalam meningkatkan prestasi kerja karyawan.
  2. Respon karyawan terhadap kepemimpinan di PT. XL Axiata Jakarta masih rendah
  3. Kepemimpinan perlu dioptimalkan dalam meningkatkan prestasi kerja di PT.XL Axiata
  4. Peranan kepemimpinan belum efektif terhadap peningkatan prestasi kerja di PT. XL Axiata Jakarta
  5. Terdapat beberapa kendala kepemimpinan terhadap peningkatan prestasi kerja di PT. XL Axiata Jakarta
  6. Prestasi kerja karyawan PT. XL Axiata Jakarta belum optimal
  7. Belum ada standar ideal dalam mengukur prestasi kerja karyawan di PT. XL Axiata Jakarta.
  8. Upaya dalam meningkatkan prestasi kerja karyawan PT. XL Axiata Jakarta masih menemui beberapa kendala

  1. C.   Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas dan atas keterbatasan yang di miliki oleh penulis seperti waktu, tenaga, biaya dan pengkajian teori. Untuk itu penelitian ini dibatasi oleh penulis pada masalah yang berkaitan dengan “Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Prestasi kerja Karyawan Pada PT. XL Axiata Jakarta”.
  1. Penelitian ini hanya membahas tentang “Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Prestasi kerja Karyawan Pada PT. XL Axiata Jakarta”.
  2. Objek penelitian ini hanya pada “Karyawan PT. XL Axiata Jakarta khususnya Duty Leader Dan CRR”.
  3. Periode pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan “Januari 2010 - Juni 2010”.



  1. D.   Perumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah dan pembatasan masalah di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
  1. Bagaimana kepemimpinan yang dilaksanakan di PT. XL Axiata Jakarta ?
  2. Bagaimana usaha yang dilakukan PT. XL Axiata Jakarta dalam meningkatkan prestasi kerja ?
  3. Bagaimana pengaruh kepemimpinan terhadap prestasi kerja karyawan di PT.XL Axiata ?

  1. E.    Tujuan dan Manfaat Penelitian
    1. 1.    Tujuan penelitian
      1. Untuk mengetahui kepemimpinan yang ada pada PT. XL Axiata Jakarta.
      2. Untuk mengetahui usaha yang dilakukan PT. XL Axiata Jakarta dalam meningkatkan prestasi kerja ?
      3. Untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan terhadap prestasi kerja karyawan PT. XL Axiata Jakarta.

  1. 2.     Manfaat Penelitian ini adalah :
    1. 1.    Manfaat Secara Teoritis
Secara teoritis hasil penelitian ini bermanfaat bagi upaya peningkatan mutu pendidikan dan memberikan sumbangsih teoritis pada dunia pendidikan dan khususnya yang berkaitan tentang kepemimpinan yang mempengaruhi prestasi kerja karyawan.
  1. a.    Bagi Penulis
Penelitian ini merupakan lanjutan dari proses belajar mengajar dalam rangka mencoba menerapkan ilmu yang pernah penulis terima dengan keadaan yang ada dilapangan, sehingga penulis harapkan dengan penelitian ini dapat menjadi pengalaman praktis dan mengetahui sejauh mana kemampuan teoritis tersebut dapat diterapkan dalam praktek sehari-hari.
  1. b.    Bagi Perguruan Tinggi
Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam ilmu manajemen sumber daya manusia dalam kaitannya gaya kepemimpinan yang dapat mempengaruhi prestasi kerja karyawan.
  1. 2.      Manfaat Secara Praktis
    1. a.    Bagi PT. XL Axiata Jakarta
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan mengungkapkan masalah yang timbul serta saran-saran untuk memecahkannya, sehingga pada akhirnya dapat memberikan manfaat kepada para karyawannya sendiri.

  1. F.    Kerangka Pemikiran
Di dalam kehidupan,manusia mempunyai kebutuhan-kebutuhan dan tuntutan mendasar yang harus dipenuhi. Kebutuhan tesebut mulai dari kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. Untuk dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut manusia melakukan suatu usaha, salah satunya dengan bekerja keras. Dengan bekerja manusia akan dapat mencapai kepuasan dalam bekerja. Dalam bekerja karyawan membutuhkan suatu prestasi dari hasil kerja nyata. Karyawan yang memiliki prestasi kerja akan mendapatkan kepuasan dalam bekerja.
Menurut Larry Spears adapun indikator-indikator yang digunakan adalah mendengarkan, empati penyembuhan, kewaspadaan, ketrampilan persuasive, kemampuan konseptual, kemampuan antisipatif, memiliki jiwa kepemimpinan, dan kapasitas menumbuhkembangkan.
Untuk mendapatkan kepemimpinan, seorang pemimpin mempunyai peranan yang tinggi dalam perusahaan. Kepemimpinan itu harus mempengaruhi dan memimpin tingkah laku karyawan untuk ikut dalam pencapaian tujuan yang memiliki dalam memimpin.
Berdasarkan kerangka pemikiran di atas yang telah diuraikan sebelumnya, dapat dikemukakan kerangka berfikir sebagai berikut :






nb: isi dgn kedua variabel beserta komponennya....









Gambar I. Kerangka Berfikir

  1. G.   Hipotesis
Hipotesis merupakan suatu anggapan yang mungkin benar digunakan sebagai dasar pembuatan keputusan atau mengarahkan penyelidikan selanjutnya. Maka perumusan hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
  Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan terhadap prestasi kerja karyawan
Jika hasil Ho            :   Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan terhadap prestasi kerja karyawan.
Jika hasil Ha/H1 : Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan terhadap prestasi kerja karyawan.

  1. H.   Sistematika Penulisan
Untuk dapat memberikan gambaran yang lebih jelas dan terarah mengenai masalah yang akan dibahas dan terarah mengenai masalah yang akan dibahas dalam sistematika penulisan ini akan digambarkan secara umum dan singkat mengenai bab-bab yang ada dalam skripsi ini. Adapun isi dari masing-masing bab secara singkat adalah sebagai berikut :
BAB I   PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan diberikan penjelasan mengenai Latar Belakang Masalah, Identifikasi Masalah, Pembatasan Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Kerangka Berfikir, Hipotesis dan Sistematika Penulisan dari skripsi ini yang memberikan gambaran singkat keseluruhan dalam skripsi ini.
BAB II  TINJAUAN PUSTAKA
Dalam bab ini akan diuraikan secara teoritis mengenai Pengaruh Kepemimpinan terhadap prestasi Karyawan. Dalam bab ini penulis membahas materi yang bersifat teoritis, yang merupakan penjelasan-penjelasan dari buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang diteliti
BAB III  METODOLOGI PENELITIAN
Dalam bab ini akan diberikan penjelasan mengenai ruang lingkup penelitian, metode pengumpulan data dan operasional variabel penelitian. Pada bab ini penulis menjelaskan mengenai ruang lingkup penelitian yang mencakup dimana lokasi penelitian akan dilakukan, kapan waktu penelitian dan berapa lama penelitian dilakukan. Selain itu juga dijelaskan mengenai bagaimana cara atau metode pengambilan data, pengolahan data yang tepat akan menunjang efektifitas penelitian sehingga hasil yang dicapai akan valid.
BAB IV  PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN
Dalam bab ini akan memuat tentang gambaran umum subyek penelitian yang meliputi : Latar belakan berdirinya PT. XL Axiata Jakarta, Letak geografis PT. XL Axiata Jakarta, struktur PT. XL Axiata Jakarta, Visi dan misi PT. XL Axiata Jakarta dan data tentang kajian pokok penelitian yaitu tentang kepemimpinan terhadap prestasi kerja karyawan PT. XL Axiata Jakarta. Dan menyajikan tentang pengaruh kepemimpinan terhadap prestasi kerja karyawan.
BAB V  KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini akan memuat kesimpulan dari semua pembahasan hasil penelitian yang telah dilakukan dan saran-saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yang dapat untuk menjadi pertimbangan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar